1. Pendahuluan
Di era
globalisasi ini kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari arus komunikasi
informasi yang telah menjelma menjadi suatu kekuatan tersendiri dalam
persaingan global yang semakin kompetitif. Kehadiran internet sebagai sebuah fenomena
kemajuan teknologi menyebabkan terjadinya percepatan globalisasi dan lompatan besar bagi
penyebaraninformasi dan komunikasi di seluruh dunia. Peran teknologi dalam
dunia perbankan sangatlahmutlak, dimana kemajuan suatu sistem perbankan sudah
tentu ditopang oleh peran teknologiinformasi. Semakin berkembang dan
kompleksnya fasilitas yang diterapkan perbankan untuk memudahkan pelayanan, itu
berarti beragam dan kompleks adopsi teknologi yang dimiliki oleh suatu bank.
Tidak dapat dipungkiri dalam setiap bidag termasuk perbankan penerapan
teknologi bertujuan selain untuk memudahkan operasional intern perusahaan, juga
bertujuan untuk semakin memudahkan pelayanan terhadap customers. Apalagi untuk saat ini,khususnya dalam dunia
perbankan hampir semua produk yang ditawarkan kepada customers. Serupa , sehingga persaingan yang terjadi dalam dunia
perbankan adalah bagaimana memberikan produk yang serba mudah dan srba cepat.
Kegunaan computer di bidang perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak
manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak
nasaah bank. Pada bidang perbankan, salah satu penerapan teknologi dan
informasi adalah E-bankig (perbankan elektronik)
2. Landasan Teori
E-banking
pemanfaatan teknologi internet, sebagai media untuk melakukan transaksi yang
berhubungan dengan transaksi perbankan. Kegiatan ini menggunakan jaringan
internet sebagai media penghubung antara nasabah dan pihak bank yang bertujuan
untuk menggantikan peran manusia dalam pelayan nasabah E-banking meliputi
system yang memungkinkan nasabah bank, baik individu ataupun bisnis, untuk
mengakses rekening melaakukan transaksi bisnis atau mendapatkan informasi
produk dan jasa bank melalui jaringan pribadi atau public termasuk internet.
Nasabah dapat mengakses e-banking mealui piranti elektronik seperti computer,
PDA, ATM atau telepon.
3.
Pembahasan
E-banking adalah salah satu sektor
yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah
perbankan, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di sektor perbankan
nasional relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya. Perbankan elektronik
mencakup wilayah yang luas dari teknologi yang berkembang pesat akhir-akhir
ini. Beberapa diantaranya terkait dengan layanan perbankan di “garis depan”, seperti
ATM dan komputerisiasi (sistem) perbankan, dan beberapa kelompok lainnya
bersifat "garis belakang", yaitu teknologi-teknologi yang digunakan
oleh lembaga keuangan, 'merchant, atau
penyedia jasa transaksi..
Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi:
Berbagai jenis teknologinya diantaranya meliputi:
·
Internet
Banking
·
Mobile
Banking
·
Phone
Banking
·
Sms
Banking
I. Internet Banking
Anda dapat melakukan
transaksi perbankan (finansial dan non-finansial) melalui komputer yang
terhubung dengan jaringan internet bank.
Jenis Transaksi :
·
Transfer
dana
·
Informasi
saldo, mutasi rekening, informasi nilai tukar
·
Pembayaran
tagihan (misal: kartu kredit, telepon, handphone, listrik)
·
Pembelian
(misal: pulsa isi ulang, tiket pesawat, saham)
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk
keamanan transaksi Internet Banking
·
Jangan
pernah memberitahukan User ID dan PIN (Personal Identification Number) Anda
kepada orang lain, termasuk kepada petugas dan karyawan Bank
·
Jangan
meminjamkan KeyToken pengaman transaksi Anda kepada orang lain
·
Jangan
mencatat User ID Anda di tempat yang mudah diketahui orang lain
·
Gunakan
User ID dan PIN Anda secara hatihati agar tidak terlihat dan diketahui oleh
orang lain
·
Pastikan
Anda mengakses alamat situs bank dengan benar. Pahami dengan baik situs bank
Anda
II. Mobile Banking
Adalah layanan perbankan yang dapat
diakses langsung melalui telepon selular/handphone GSM (Global for Mobile
Communication) dengan menggunakan SMS (Short Message Service).
Jenis Transaksi :
·
Transfer
dana
·
Informasi
saldo, mutasi rekening, Informasi nilai tukar
·
Pembayaran
(kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
·
Pembelian
(pulsa isi ulang, saham)
Hal-hal yang perlu diperhatikan
untuk keamanan transaksi Mobile Banking
·
Anda
wajib mengamankan PIN Mobile Banking
·
Anda
bebas membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera
melakukan penggantian PIN.
·
Bilamana
SIM Card GSM Anda hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain, segera
beritahukan bank Anda terdekat atau segera telepon ke Call Center bank
tersebut.
III.
Phone Banking
Adalah
layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan informasi perbankan
dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash melalui telepon.
Jenis
Transaks :
·
Transfer
dana
·
Informasi
saldo, mutasi rekening
·
Pembayaran
(kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
·
Pembelian
(pulsa isi ulang)
Hal-hal
yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Phone Banking
·
Anda
wajib mengamankan PIN Phone Banking
·
Anda
bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera
lakukan penggantian PIN.
IV. Sms
Banking
Adalah
layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon
selular/handphone dengan menggunakan media SMS (short message service)
Jenis
Transaksi :
·
Transfer
dana
·
Informasi
saldo, mutasi rekening
·
Pembayaran
(kartu kredit)
·
Pembelian
(pulsa isi ulang)
Hal-hal
yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi SMS Banking
·
Jangan
memberitahukan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda kepada orang lain
·
Jangan
mencatat dan menyimpan kode akses/nomor pribadi SMS Banking Anda di tempat yang
mudah diketahui oleh orang lain.
·
Setiap
kali melakukan transaksi melalui SMS Banking, tunggulah beberapa saat hingga
Anda menerima response balik atas transaksi tersebut.
·
Untuk
setiap transaksi, Anda akan menerima pesan notifikasi atas transaksi berupa SMS
yang akan tersimpan di dalam inbox.
Keuntungan
Electronic Banking
1.
Mudah
·
Dapat
digunakan kapan saja dan di mana saja.
·
Hanya
dengan menggunakan perintah melalui komputer dan/atau alat komunikasi yang Anda
gunakan, dapat langsung melakukan transaksi perbankan tanpa harus datang ke
kantor bank atau ke ATM (kecuali untuk ambil uang tunai).
2.
Aman
·
Electronic
Baning dilengkapi dengan security user ID dan PIN untuk menjamin keamanan atas
transaksi yang Anda lakukan.
·
Beberapa
bank juga menggunakan KeyToken alat tambahan untuk mengamankan transaksi
finansial, seperti Internet Banking. Dengan demikian, transaksi Anda semakin
aman.
·
SMS
Banking dilengkapi dengan sistem proteksi dengan menggunakan kode akses/nomor
pribadi yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan.
4.
Kesimpulan
Dengan adanya E-Banking kita dapat
dengan mudah mengakses layanan yang disediakan bank kapanpun dan
dimanapun,namun kita juga harus memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan demi
menjaga keamanan dalam bertransaksi dengan E-Banking.
5. Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar